Rabu, 01 Februari 2017

Crazy Cat Lady : P3K Kucing


Perlukah P3K alias Pertolongan Pertama Pada Kucing ???

Kucing bukan boneka yang pasif yang sekedar makan dan pup. Mereka, apalagi kucing kamfung seperti kucing kami sangat aktif. Kucing kecil bisa main da kejepit ini itu. Kucing dewasa biasanya mulai berkelahi dan cari cemilan di tempat sampah tetangga (duh)

Jadi di rumah harus ada : Minyak tawon, Super N, Madu, Vitamin B

Minyak Tawon
Obat segala luka, baik luka terbuka maupun memar. Minyak tawon juga bagus untuk ngilangin jamur kucing (ringworm). Oleskan teratur, jamur akan hilang, kulit gundul namun segera tumbuh rambut lagi.


Luka berdarah karena berkelahi, minyak tawon. Luka cuil kaki kejepit gerbang, minyak tawon. Luka bernanah di telapak kaki karena lukanya diumpetin agak lama, minyak tawon jugaaa.

Kucing jamuran, minyak tawon jugaaa. Akan agak bau khas (kayak eyang kakung saya), bahkan bisa tengik kalo kelamaan, namanya juga dibuat dari minyak kelapa , tapi yang penting sembuh kan? Kalo udah sembuh, mandiin deh sampe wangi


Super N
Sebenernya ini obat burung. Sebotol hanya 10ribuan. Kalo kucing sakit (tanda-tandanya : lesu, tidur terus, ga mau grooming, ngumpet, mencr*et), teteskan Super N langsung ke mulut kucing. Satu tetes untuk kitten dan lebih untuk dewasa. Pastikan perut kucing engga dalam kondisi kosong.



Oh iya, siap-siap dimusuhin ya. Mungkin rasanya pait banget, setiap selesai ditetesin reaksinya ga enak. Ada yang langsung kabur, ada yang geleng-geleng, ada yang muntah (dan itu gapapa). Terus biasanya mereka kasih pandangan sebel ke kita, hahaha

Super N ini terbukti manjur ke kucing kampung kami dan kucing bule tetangga (yang kalo sakit dibawa ke rumah, ah, aku merasa jadi dokter hewan abal-abal...)

Madu
Ini untuk ngisi tenaga aja untuk kucing yang ga mau makan sama sekali. Sekedar info, kucing sebaiknya tidak dibiarkan tanpa makan kelamaan. Mereka tetap hidup tapi organnya bisa rusak, hati kalo ga salah. Jadi harus diisi. Biasanya saya campur madu dengan air hangat, dimasukkan ke mulut pake suntikan. Masukinnya lewat samping mulut , bukan dari depan, supaya mereka tidak tersedak.

Saat ada asupan energi, proses metabolismenya jalan sehingga kalo sedang diobati, obatnya akan bekerja dengan normal, insyaaAllah

Vitamin B
Ini lebih ke menjaga daya tahan aja. Saya beli yang dari IPI yang murah itu lho. Kalo udah musim hujan ato banyak yang lagi bersin-bersin, kasih vitamin B ini deh. Sebutir kecil itu untuk dua ekor. Bisa dicampur makanan, tapi kalo saya sih, masukkan paksa ke mulut! :p



Peralatan tambahan di P3K : spuit suntik dan kapas.

Itu aja kalo persiapan yang harus ada di rumah. Hemat, ga dikit dikit ke vet.

Bismillah, semoga kucing kucing sehat teruuuuus :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar