Selasa, 19 Februari 2013

TUPO - Dibikin Gampang Aja

Saya baruuu aja tupo alias tutup point untuk target saya di bulan ini. Bangga? Nggak juga, lebih tepatnya lega. Dan malu sendiriiii...

Saya dong, dari pertama join udah tau kalo harus tupo sekian BP. Udah tau, udah apalll. Temen-temen tau apa yang malah saya lakukan? Saya dengan sembarangan menyematkan mahkota "melarat" di kepala saya. Hah, apa tuh?
Gini ceritanya. Waktu baru join, kebetulan dompet saya lagi langsing banget. Untuk tupo saat itu, nggak mungkin banget. Karena saya pinter ( plak! dikeplak orang sekelurahan), saya tawarin deh itu produk ke temen-temen. Saat itu starter kit dan katalog belom dateng, jadi saya minta mereka liat di katalog online, saya kirimin prospecting flyernya nutrishake.
Nyangkut? Iya dong. Ada sahabat yang order, disusul orang tua siswa (saya mengelola lembaga bahasa, red). Asiiik, lumayan dapet orderan, itulah BP pertama saya. Bersamaan itu, saya juga memesan banyak katalog untuk mempermudah jualan saya.
Katalog pun datang. Saya dengan sukacita menyebarkan katalog itu ke teman-teman. Saya menunggu, menanyakan orderan, menyebar, menunggu, menanyakan orderan lagi....

Waktu berlalu, dan deadline tupo saya pun menjelang...
Saya memang dapat orderan, kecil-kecil. Ada yang mau order juga, tapi masih ragu-ragu katanya. Saya rada bingung, ini gimana saya mau tupo kalo begini?

Saya buka-buka katalog. Dan menjatuhkan hati ke beberapa produk sambil senyum-senyum. Iseng-iseng hitung BP dari produk pilihan saya... Mmm... Kalo beli ini, mau saya pake untuk demo ah... Kalo yang ini..mau saya pake sendiri ah... total BPnya kalo diorder...mmm...

Lhah...!!!
Itu mah di materi dBCN ada! Paket sukses itu kannnn????

Kalo saya punya paket sukses, yang bakalan sukses nanti siapa? Pelanggan ato saya? SAYA kan???
Kalo saya mau sukses, berarti yang harus bayar tiket sukses siapa? SAYA juga kan???

Memangnya tiket suksesnya seberapa mahal? Ga sampe sejuta inih... Dan saya masih dapet barang.
Saya itung-itung kalo ini adalah bisnis, dengan modal segitu dan kerja (mana ada modal thok dapet uang), saya akan BEP dalam beberapa waktu. Jelas tuh. Resiko juga akan ada, tapi resikonya mah skala kuecilll.
Haduuuuh, saya ini katanya "Br*nch M*n*g*r"... masa memperkirakan beginian ga bisaaa.....

Astaghfirullah... Ternyata saya melihat dari sudut pandang yang tidak tepat, yang justru melemahkan diri sendiri. Saya sendiri loh, yang menyatakan diri "tidak mampu" dengan hanya menunggu orderan orang, cuma untuk tupo pribadi. Astaghfirullah, padahal Allah MahaKaya. Kalo order tupo, jika manfaatnya jelas, ya order aja. Bayarnya ya usahain sendiri, kalo ga punya ya usaha, dan paling penting sebelumnya : minta ama Allah , nanti juga dikasih, asal kitanya layak dikasih. Rait???

Yang gampang kok dibikin susah.
Pengen sukses kok nunggu dikasih (orderan).

Yuk ah,

Yupi
Si Mampu


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar